Sabtu, 27 September 2014

RPP EEK KELANGSUNGAN HIDUP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : BIOLOGI IPA
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi :
  • Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
  • Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
  • Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
  • Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
  • Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.
Karakter siswa yang diharapkan
  1. Disiplin ( Discipline )
  2. Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  3. Tekun ( diligence )
  4. Tanggung jawab ( responsibility )
  5. Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
  • Adaptasi Makhluk Hidup
  • Seleksi Alam
  • Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
  2. Metode : Diskusi Informasi, Percobaan
  3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
  • Ada berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
Prasyarat Pengetahuan :
  • Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
  • Guru: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
  • Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada tumbuhan
  • Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
  • Siswa diminta mengamati adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
CLOSING
Kegiatan Penutup
  • Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
  • Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
Prasyarat Pengetahuan :
  • Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
  • Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat menjelaskan ciri ciri mahkluk hidup dan terciptanya variasi
  • Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi mahkluk hidup dan tujuannya
  • Siswa dapat mendata contoh variasi type paruh burung Finch di Galapagos dan memahami mengapa demikian
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
  • Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan makhluk hidup
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  • membantu menyelesaikan masalah
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING
Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Media Pembelajaran

Alat dan bahan
Sumber Belajar
  • Buku IPA Terpadu
  • Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
  • http//www.biologigonz.blogspot.com
Penilaian
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlN6a6sENIMT1YgthQLyeV2XOvG3J8nHRyvBl678ZvG3deA8ZQnM9BrZrEohNfIDEKFX7rS-39xUecLCGZ0PAcz3e_D0tSG0ZZESLtAOobUipNb2iYz3dgGyTMOJKHHLOoGulZgznFx3I/s400/RPP+ADAPTASI.jpg
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Randudongkal
Randudongkal, ……..........
 Guru Mata Pelajaran Biologi




ANDY BASHORI, S.Pd        
NIP. 19620528 198302 1 003




               MURNASIH, S.Si
               NIP. 19730630 200312 2 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar