Sabtu, 27 September 2014

RPP EEK BIOTEKNOLOGI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )

Standar Kompetensi :
  • Memahami kelangsungan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
  • Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
  3. Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
  4. Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
Karakter siswa yang diharapkan
  • Disiplin ( Discipline )
  • Rasa hormat dan perhatian ( respect )
  • Tekun ( diligence )
  • Tanggung jawab ( responsibility )
  • Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
  • Bioteknologi pangan
Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual
  2. Metode : Diskusi Informasi
  3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :

Kegiatan Pendahuluan

Motivasi :
  • Apakah bioteknologi pangan itu ?
Prasyarat Pengetahuan :
  • Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.
Kegiatan Inti :

Eksplorasi
  • Dalam kegiatan eksplorasi
  • Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Siswa dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
  • Dalam kegiatan elaborasi
  • Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
  • Siswa diminta diskusi tentang
  1. Bioteknologi pertanian
  2. Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan makanan.
  3. Bioteknologi pertanian.
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
  • Dalam kegiatan konfirmasi
  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  1. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  2. membantu menyelesaikan masalah
  3. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  4. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  5. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING

Kegiatan Penutup
  • Dalam kegiatan penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Media Pembelajaran
  • Charta Tahapan Kultur
Sumber Belajar
  1. Buku BIOLOGI IPA
  2. Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
  3. http://www.biologigonz.blogspot.com
PENILAIAN

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgourCJXmw-TaAOqapy2Imo7V9OayxTZ1lko0Tj2CO3i7Ur2OpNQTDwfhK2hv3xW6ESBj5elRGXndNA5SIpZFEr0JjdiCtkG7kb89xCq90HBr6fKZOBJT_BfgXlTr2TTz3RRqA9Y1isUcU/s400/RPP+BIOTEKNOLOGI.jpg

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Randudongkal
Randudongkal, ……..........
 Guru Mata Pelajaran Biologi




ANDY BASHORI, S.Pd        
NIP. 19620528 198302 1 003




               MURNASIH, S.Si
               NIP. 19730630 200312 2 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar