RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X
Pertemuan )
Standar Kompetensi :
- Memahami kelangsungan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
- Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
- Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
- Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
- Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
Karakter siswa
yang diharapkan
- Disiplin ( Discipline )
- Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
- Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran
- Bioteknologi pangan
Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual
- Metode : Diskusi Informasi
- Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
- Apakah bioteknologi pangan itu ?
Prasyarat
Pengetahuan :
- Siswa telah memahami dampak perubahan populasi manusia.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Eksplorasi
- Dalam kegiatan eksplorasi
- Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
- Siswa dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
- Dalam kegiatan elaborasi
- Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
- Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- Siswa diminta diskusi tentang
- Bioteknologi pertanian
- Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan makanan.
- Bioteknologi pertanian.
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
- Dalam kegiatan konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
- Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
- Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
- membantu menyelesaikan masalah
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING
Kegiatan Penutup
Kegiatan Penutup
- Dalam kegiatan penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
- Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Media
Pembelajaran
- Charta Tahapan Kultur
Sumber Belajar
- Buku BIOLOGI IPA
- Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
- http://www.biologigonz.blogspot.com
PENILAIAN
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Randudongkal
|
Randudongkal,
……..........
Guru Mata Pelajaran Biologi
|
ANDY BASHORI, S.Pd
NIP.
19620528 198302 1 003
|
MURNASIH, S.Si
NIP.
19730630 200312 2 006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar